dimassurya.com

Learn anything that worth for something

Kenapa Harus Membaca??

images

Lahir di periode awal tahun 90, membuat gw dicekoki banyak bacaan anak-anak yang beragam, mulai dari majalah anak-anak macam Bobo, Donal Bebek, dan Paman Gober. Hingga komik-komik legendaris semacam Dragon Ball, Doraemon, dan Kungfu Boy. Kalau yang cewek, mungkin pada saat itu baca komik yang namanya Candy-Candy, kenapa gw tau, karena dulu gw inget ada saudara gw bawa 2 lusin komik itu buat dijual, emang dasar otak dagang.

Anyway, masa kecil memang masa yang paling indah, dan gw mengamini kalimat tersebut. Kenapa begitu?? karena masa kecil gw diwarnai dengan kebiasaan membaca gw yang sangat intens, walaupun itu komik, tapi jujur itu berasa banget manfaatnya sampai sekarang.

Dari komik Dragon Ball, gw belajar tentang nilai kebaikan yang ditunjukan oleh karakter Son Goku, gw belajar tentang nilai kerja keras dari Paman Gober, gw belajar tentang arti persahabatan dari Doraemon. Mungkin ini terkesan remeh atau bagaimana, tapi gw melihat, karakter seorang anak akan terbentuk lebih awal jika kebiasaan membaca menjadi sifat atau kesenangan dalam dirinya.

Kembali ke konteks awal, disini gw mencoba untuk mengedepankan kesadaran kita tentang pentingnya membaca. Kenapa kita harus membaca?? penulis mencoba mengambil alasan dari tafsir Al Quran. Tentu kita ingat bahwa ayat atau perintah pertama Allah terhadap Rasulullah SAW, adalah tentang membaca. Mengapa membaca, padahal ada ribuan perintah lain seperti Shalat (wa aqimus shalah), zakat (wa atuz zakah), jihad dan lain-lain, tapi kata perintah pertama adalah membaca (iqra). Bahkan tidak hanya berhenti di sini, kelima ayat pertama yang diturunkan seluruhnya juga berbicara tentang topik membaca. Kata iqra‘ juga disebut berulang-ulang sebanyak dua kali.

Dari penggalan ayat tersebut, yang gw bisa simpulkan adalah, membaca merupakan suatu kegiatan yang utama dan positif, membuat kita mempunyai akal, pemikiran, dan akan menyebabkan kepada pembentukan pola pikir. Gw setuju akan hal ini, karena beberapa orang yang gw temui dan mempunyai hobi membaca, jika pada saat berbicara, yang menjadi topik pembicaraan adalah mengenai ide, gagasan, dan solusi. Lain halnya dengan yang hanya membaca berita atau lebih parah penggalan-penggalan headline di media, termasuk media sosial. Mereka mayoritas hanya berbicara tentang permasalahan yang terjadi, mencari pihak yang salah, dan tanpa ada solusi yang berarti.

Gw juga melihat fenomena lain terhadap kebiasaan membaca ini, pernah suatu hari gw bertemu dengan seorang profesor yang bekerja sebagai dosen. Pembicaraan dengan beliau benar-benar gw khayati dan nikmati, karena setiap kalimat dan perkataan yang keluar dari beliau benar-benar membuat gw memahami pemikiran beliau tentang suatu permasalahan yang pada saat itu gw tanyakan. Beliau juga berpesan bahwa seorang mahasiswa, harus membiasakan diri untuk membaca, karena pada saat itulah wawasan terbuka, jendela dunia terpampang, dan tujuan hidup terlihat lebih jelas dengan membaca.

Beliau juga berpesan bahwa kebiasaan membaca itu perlu dibentuk semenjak muda, karena beliau percaya, segala sesuatu akan ada tahapnya. Jangan pernah meremehkan anak kecil yang suka membaca komik, karena siapa tahu 20 tahun lagi dia telah menghasilkan tesis-tesis dari kebiasaannya. Disini beliau melihat bahwa potensi seorang anak untuk tumbuh terlihat dari kebiasaannya. Oleh karena itu, beliau sangat mendukung apabila cucunya terlihat sedang membaca komik atau novel fiksi, dibanding bermain dengan gadget.

Oleh karena itu, gw mencoba untuk mengajak teman-teman untuk mulai membaca. Di bulan Ramadhan ini, jika memang butuh sesuatu untuk menghabiskan waktu dengan kegiatan positif di rumah, cobalah tengok lemari buku kalian, ambil salah satu buku yang kalian suka, dan mulailah membaca. Fiksi atau non fiksi??tidaklah penting. Ensiklopia, majalah, buku, atau jurnal??itu tidaklah penting, yang penting kita bisa meluangkan waktu dan berkawan dengan buku tersebut.

Ambil ilmunya, pahami pemikirannya, dan terapkan ide-idenya….

Selamat membaca…

Dimas

 

 

One comment on “Kenapa Harus Membaca??

  1. fulan
    July 5, 2015

    satu satunya ayat dalam Al Quran yang membahas tentang bulan Ramadhan, adalah sebuah ayat yang menyebutkan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan untuk merayakan diturunkannya kitabullah, the guidance of all humanity, the prove of Allah’s greatest love to human, jadi alangkah baiknya kalau yang diambil dari rak adalah mukjizat berupa Al Quran, dan bukan cuma dibaca panjang pendek yg benar, tp dibaca tafsir dan dipahami artinya melalui kajian2 ttg alQuran oleh ahlinya 🙂 a great post anyway! syukron

    Like

Leave a Reply

Information

This entry was posted on July 5, 2015 by in Self Develop.

Archives

July 2015
M T W T F S S
« Jun   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
